Ilmu Komunikasi UMM: Menempa Lulusan Unggul dan Internasional di Era Baru
Revolusi industri 4.0 telah mengubah cara pandang dan pola pikir generasi milenial. Mereka tumbuh besar di era teknologi canggih yang memungkinkan akses informasi tak terbatas dari berbagai penjuru dunia. Kondisi ini tentu menuntut adaptasi pendidikan, khususnya di bidang ilmu komunikasi.
Menyambut tantangan tersebut, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang berdiri sejak 28 Juli 1986 terus berupaya meningkatkan kualitas. Berbagai capaian gemilang baik nasional maupun internasional telah diraih, yang teranyar adalah akreditasi dari FIBAA Jerman di tahun 2023.
Tak heran jika prodi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ini menjadi pilihan tepat bagi generasi milenial yang ingin menggali potensi di bidang komunikasi. Selain menawarkan tiga spesialisasi menarik yaitu Public Relations, Journalism and Media Studies, serta Audio-Visual Communication, prodi ini juga dikenal update dalam menyelenggarakan pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam perkuliahan misalnya, bertujuan mengasah kompetensi mahasiswa baik konseptual, manajerial, maupun teknis. Disokong pula laboratorium lengkap mulai studio TV, radio, fotografi, hingga desain grafis yang memungkinkan mahasiswa bereksplorasi secara leluasa.
Tak cukup sampai situ, pengembangan skill mahasiswa juga didukung lewat kegiatan ekstrakurikuler seperti seminar, lokakarya, pertukaran pelajar, hingga terlibat dalam penelitian dosen. Beragam komunitas kampus pun terbentuk guna menciptakan dynamisme keilmuan di antara mahasiswa.
Seluruh program tersebut menunjukkan komitmen Ilmu Komunikasi UMM dalam menempa generasi milenial menjadi komunikator ulung. Mereka dididik bukan sekadar mengejar nilai akademik, namun juga siap bersaing di dunia kerja nantinya. Terlebih, UMM memiliki orientasi global yang kuat, tercermin lewat kerja sama dengan berbagai institusi luar negeri, seperti Erasmus Mundus, ACICIS, hingga American Peace Corps. Indikator internasionalisasi ini terus ditingkatkan, salah satunya dengan menambah jumlah mahasiswa mancanegara.
Dengan visi jauh ke depan menyongsong era industri 4.0 dan masyarakat 5.0, Ilmu Komunikasi UMM terus beradaptasi. Misalnya menerapkan semangat 3C: Creative, Communicative, dan Collaborative guna melahirkan talenta unggulan di revolusi teknologi dan informasi saat ini. Jadi tak salah memang jika prodi yang akan genap berusia tiga puluh tujuh tahun ini menjadi incaran calon mahasiswa, baik lokal maupun internasional. Siapapun yang bergabung di sini dipastikan akan mendapatkan pengalaman belajar terbaik, sekaligus bekal memadai untuk meraih kesuksesan di masa depan.
Komentar
Posting Komentar